Blogger Widgets UD. SUKSES BERSAMA: Definisi dan Macam-macam Paragraf

UD. SUKSES BERSAMA

Sabtu, 07 Mei 2016

Definisi dan Macam-macam Paragraf


UNSRI, PALEMBANG,  AGRIBISNIS, PERTANIAN, SUMATERA SELATAN,

Salam Sukses, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sesuatu yang sering banget kita temuin nih ketika membaca. langsung aja lanjut baca :)  

APA ITU PARAGRAF???
Diartikan sebagai suatu karangan mini, berisi satu kesatuan ide yang ‘dibangun’ dari kalimat atau beberapa kalimat yang saling berhubungan (Bahasa Indonesia, 2009:54). Paragraf yang baik tidak ditentukan oleh panjang atau pendeknya suatu paragraf melainkan kelengkapan unsur yang dimiliki. Unsur paragraf lengkap terdiri dari  transisi, kalimat topik, kalimat pengembang, kalimat penegas. Kalimat atau kata transisi tidak mutlak harus ada, transisi bisa dikatakan sebagai pembuka atau menjadi pembatas dari kalimat sebelumnya. Kalimat topik merupakan ide pokok yang dibahas, letaknya bisa berada diawal, tengah maupun diakhir kalimat. Sedangkan kalimat pengembang adalah kalimat yang mengembangkan ide pokok kalimat yang dibahas, sehingganya memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami maksud dari topik bahasan. Kalimat penegas berfungsi sebagai penekanan di dalam paragraf tersebut terhadap topik yang dibahas.

UPT MPK Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Indralaya. Universitas Sriwijaya

Berikut contoh paragraf yang lengkap.

(1)Suatu karangan biasanya mengandung tiga bagian utama, yakni bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. (2) Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda. (3) Bagian pendahuluan memiliki fungsi salah satu atau sebagian dari fungsi untuk menarik minat pembaca, mengarahkan perhatian pembaca, menjelaskan secara singkat tema karangan, menjelaskan alasan suatu hal dibicarakan. Fungsi bagian inti adalah sebagai penghubung antara bagian pendahuluan dengan bagian penutup atau merupakan penjelasan terperinci terhadap apa yang diutarakan di bagian pendahuluan. Fungsi bagian penutup adalah salah satu atau kombinasi dari fungsi untuk memberikan kesimpulan, penekanan bagian-bagian tertentu, klimaks, melengkapi, dan merangsang pembaca mengerjakan sesuatu tentang apa yang sudah dijelaskan atau diceritakan. (4) Setiap bagian utama karangan memiliki fungsi tertentu.
Keterangan:
(1) transisi, (2) kalimat topik, (3) kalimat pengembang, dan (4) kalimat penegas.


 Paragraf  berdasarkan  jenisnya

1.Paragraf Eksposisi
Eksposisi adalah suatu bentuk wacana yang berusaha menguraikan suatu objek sehingga memperluas pandangan atau pengetahuan pembaca. Secara singkat eksposisi adalah bentuk wacana tang tujuan utamanya memberitahukan atau memberi informasi mengenai objek tertentu (Bahasa Indonesia, 2009:56).

UPT MPK Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Indralaya. Universitas Sriwijaya

A.Eksposisi Definisi
Paragraf ini memberikan informasi suatu objek berdasarkan pengertian.
Contoh :
Statistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, mengelompokan, menyajikan, dan menganalisis data untuk mengambil keputusan. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Sudjana (dikutip Iqbal, 2009:03) bahwa  stastistik adalah pengetahuan yang  berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan penganalisisannya, dan penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisisan yang dilakukannya. Senada dengan itu, Iqbal (2009:02) menjelaskan statistik adalah ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk  data, yaitu tentang pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penafsiran dan penarikan kesimpulan dari data yang berbentuk angka-angka.

Hasan, Muhammad.I.. 2009. Pokok-Pokok Materi Statistik 1. Jakarta: Bumi Aksara

B. Eksposisi Klasifikasi
Paragraf memberikan suatu objek berdasarkan klasifikasi.
Contoh :
Selain Microsoft Word, didalam Microsoft Office masih banyak lagi fitur yang ditawarkan yakni Microsoft Excel. Microsoft Excel  memiliki banyak fungsi (Forum.Kompas.Com). Pertama, membuat sebuah laporan keuangan, daftar nilai, dan daftar hadir. Kedua, melakukan operasi kali, bagi, rerataan dengan cepat. Ketiga, menghitung Kurs mata uang. Ketiga, membuat grafik dan tabel dari suatu penghitungan. Keempat, membuat diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran. Kelima, membantu kita dalam menyelesaikan soal-soal logika dan matematika. Keenam, membuat presentasi jadi lebih praktis dan mudah. Ketujuh, menyajikan data secara tepat, rapi, dan akurat. Dari keenam fungsi itu, Microsoft Excel sejatinya  memberikan kita kemudahan dalam mengelolah data berupa angka.

Forum.Kompas.com. 2015. Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel. http://forum.kompas.com/threads/350994-Fungsi-Dan-Kegunaan-Microsoft-Excel. Diakses pada Rabu 16 Maret 2016.

2. Paragraf Argumentasi
Paragraf Argumentasi bentuk paragraf yang bertujuan mengubah pikiran, sikap, dan pandangan, seseorang dengan menyodorkan sejumlah data dan bukti (Bahasa Indonesia, 2009:58).

UPT MPK Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Indralaya. Universitas Sriwijaya

Contoh :
Di sektor lain, kualitas sumber daya manusia sebagai salah satu faktor produksi dinilai masih relatif rendah. Hal ini bukan disebabkan mutlak lembaga pendidikan kita yang tidak berkualitas, tetapi kurangnya menghargai proses dalam masa pendidikan oleh sumber daya manusia itu sendiri. Kurangnya menghargai proses tak lain karena kurang percaya pada kemampuan diri sendiri, oleh sebab itu  terpaksa menghalalkan segala cara demi mendapatkan hasil akhir yang bagus yang menjadi orientasinya. Sudah menjadi rahasia umum, banyak yang melakukan kecurangan untuk memuluskan jalannya karena modalnya, dirasa kurang untuk dapat bersaing secara sehat.

3. Paragraf Persuasi
Paragraf yang bertujuan untuk mengajak para pembacanya untuk melakukan anjuran yang diinginkan penulis. Paragraf Persuasi merupakan penyimpangan argumentasi dan berusaha mempengaruhi orang lain atau para pembaca, agar para pembaca mau mengikuti keinginan penulis, memanfaatkan aspek-aspek psikologis (Bahasa Indonesia, 2009:60).

UPT MPK Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Indralaya. Universitas Sriwijaya

 Contoh :
Siapa yang tidak mau hidup damai dan bahagia secara gratis? Semua orang akan berkata “mau” jika disajikan yang demikian. Modal utama menjadi Muslim hanya perlu percaya pada rukun Iman dan  Islam. Tugasnya hanya mengaplikasikan apa yang tadi dipercaya. Dengan modal dan tugas seperti itu, seorang Muslim bisa mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Benar-benar simple tapi ganjaranya luar biasa bukan? Kapan lagi Anda bisa memperoleh sesuatu yang luar biasa dari sesuatu yang simple. Kenapa seorang Muslim bisa mendapatkan hal itu? Karena semua filosofinya tersirat dan tersurat dalam apa yang tadi dipercaya. Anda hanya perlu memegang prinsip Istiqomah. Kapan lagi Anda bisa bahagia dan damai selamanya. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan Islam.

4. Paragraf Deskripsi
Paragraf ini sering disebut paragraf penggambaran. Paragraf deskirpsi adalah paragraf yang berusaha menyajikan suatu objek atau suatu hal sedemikian rupa, sehingga objek itu seolah-olah berada di depan mata pembaca, seakan-akan para pembaca melihat sendiri objek tersebut (Bahasa Indonesia, 2009:66).

UPT MPK Universitas Sriwijaya. 2009. Buku Ajar MPK Bahasa Indonesia. Indralaya. Universitas Sriwijaya

Contoh :
Jarak tanaman padi. Di sawah berukuran segiempat ini terdapat seribu tanaman padi yang ditanam dengan jarak 20cm x 20cm (Kementerian Pertanian, 2013:1) dan beberapa pohon kelapa yang berbuah lebat disebelah sawah didekat kolam. Padi disawah  tersebut menggunakan bibit unggul dan sudah hampir memasuki masa panen terlihat sudah mulai menguning dan merunduk. Ketika pergi ke sawah disore hari, seseorang akan merasa nyaman karena tiupan angin seolah bernyanyi untuk kita. Selain itu, dapat memetik buah kelapa muda yang pohonnya tidak terlalu tinggi. Keadaan sawah yang masih natural membuat nyaman petani walaupun seharian bekerja.

Kementerian Pertanian. 2013. Pengaturan Jarak Tanam dan Teknik Ubinan pada Tanaman Padi. http://www.litbang.pertanian.go.id/berita/one/1356/. Diakses pada Kamis 17 Maret 2016.


5. Paragraf Perbandingan
Paragraf perbandingan adalah jenis paragraf yang isi atau gagasan utamanya disampaikan dengan cara dibandingkan dengan suatu objek lain yang memiliki kesamaan ciri tertentu (Wahyu, 2006).

Wahyu R.N, Tri. 2006. Bahasa Indonesia. Jakarta. Universitas Gunadarma

Contoh :
Penggunan BBM untuk mesin non-diesel, premium dan pertamax memiliki beberapa perbedaan. Premium menggunakan tambahan pewarna dye, mempunyai nilai oktan 88, dan menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak. Dan mesin yang cocok menggunakan bahan bakar ini adalah mesin yang memiliki perbandingan kompresi lebih kecil 10:1. Sedangkan pertamax menggunakan Ethanol sebagai peningkat bilangan oktan, mempunyai nilai oktan 92, dan menghasilkan NOx dan Cox  dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain. Dan mesin yang cocok menggunakan bahan bakar ini  adalah mesin yang beroktan tinggi dan tanpa timbal dengan perbandingan kompresi lebih besar dari 10:1 (Koesmara, 2011:1).

Putra, Hidsan.K.. 2011. Perbedaan Bensin Premium dan Pertamax. http://www.memobee.com/perbedaan-bensin-premium-dengan-pertamax-422-eij.html. Diakses pada Kamis 17 Maret 2016

6. Paragraf Sebab-akibat
Paragraf sebab-akibat adalah jenis paragraf yang menjelaskan hubungan sebab-akibat suatu objek yang diamati oleh penulis.

Contoh:
Musim Penghujan yang tak menentu ditambah lagi dengan Pancaroba seperti saat ini menimbulkan banyak permasalahan bagi manusia. Banjir yang terjadi bukan hanya di Jakarta tetapi juga daerah-daerah  lain di Indonesia. Akibatnya banyak mengmutus semua aktivitas masyarakat dan parahnya lagi meningkatkannya kasus DBD yang menyerang Masyarakat (liputan6, 2015:1).

Liputan6. 2015. Bencana Banjir. http://www.liputan6.com/tag/bencana-banjir. Diakses Jum’at 18 Maret 2016.
  
7. Paragraf Analogi
Paragraf Analogi merupakan suatu paragraf yang membandingkan antara 2 hal yang memiliki kesamaan atau hampir sama satu sama lain yang akan disimpulkan diakhir paragraf (kelas Indonesia, 2015:1).

Kelas Indonesia. 2015 .Pengertian dan contoh paragraf analogi lengkap.http://www.kelasindonesia.com/pengertian-dan-contoh-paragraf-analogi-lengkap.html. Diakses Jum’at 29 April 2016

       Contoh :
Seorang Pelajar yang sedang mengenyam  pendidikan seharusnya dapat meniru gelas yang kosong. Sehingganya ketika waktunya belajar memfokuskan pikiran kepada apa yang disampaikan guru agar apa yang disampaikan dapat diserap dan dicerna dengan baik. Karena gelas yang kosong dapat menampung apapun yang dituangkan kedalamnya. Tetapi jika seperti gelas yang sudah penuh, maka apapun  yang dituangkan kedalamnya akan keluar kembali. Seorang pelajar haruslah haus akan ilmu.

8. Paragraf Contoh
Paragraf contoh adalah jenis paragraf yang menjelaskan objek bahasan berdasarkan contoh langsung. Paragraf contoh ialah pengembangan kalimat topik dalam sebuah paragraf dengan menggunakan contoh-contoh, contoh-contoh itu digunakan untuk memperjelas maksud dalam kalimat topik (Guntoro,2011:1).
Guntoro .2011. macam-macam paragraf beserta contohnya.                           https://ranggajatirakasiwi.wordpress.com. Diakses pada        16 maret 2016 pukul 20.10 WIB.
    Contoh :
Sapi dapat dimanfaatkan Mulai dari kulit, daging, hingga kotorannya. Daging misalnya, dapat diolah menjadi menu masakan yang sangat lezat mulai dari rendang , den-deng, dan banyak lagi. Dari kulitnya dapat dapat dibuat menjadi beduk. Adapun kotorannya juga dapat dijadikan pupuk kandang, bahkan jika diolah secara lebih lanjut dapat diambil  gas metan dari kotorannya.
  
9. Paragraf Narasi
Paragraf narasi juga sering disebut sebagai paragraf cerita. Paragraf narasi adalah suatu paragraf yang menceritakan secara rinci sebuah suatu peristiwa berdasarkan urutan waktu (Kumpulan Contoh, 2016:1).

Kumpulan-Contoh.com. 2016. Contoh Paragraf Narasi Singkat. http://www.kumpulan-contoh.com/2015/11/contoh-paragraf-narasi-singkat.html. Diakses Pada Jumat 18 Maret 2016.
Contoh :
Hal yang sulit dilupakan bagi Youbi, hari ini ia mendapatkan kejutan dari temen-temen sekelasnya. Youbi sudah curiga sejak awal dengan tingkah laku teman-temannya di kelas, begitu juga jam istirahat mereka seperti menyembunyikan sesuatu . Dugaan itu benar,  ketika pulang sekolah teman-teman Youbi memberi kejutan berupa kue ulang tahun  dan taburan tepung.

Nah demikian bahasan kita hari ini. Semoga Bermanfaat :) 
 Khairunnass anfauhumlinnass. :) 



Tidak ada komentar: