Blogger Widgets UD. SUKSES BERSAMA: Contoh Resensi Novel

UD. SUKSES BERSAMA

Senin, 26 Januari 2015

Contoh Resensi Novel





      Salam Sukses Bersama, Hai temen-temen, saya pikir ngga ada yang nggak tahu ya sama Tere-Liye. Mungkin juga kalian adalah salah satu penggemar dan pengoleksi novelnya. Nah, disini saya mau berbagi salah satu contoh Resensi Novel dari Novelnya Tere-Liye buatan Sahabat baik saya. 
Berikut Resensinya:

Menjadi Bungsu Yang Kuat, Bukan Bungsu Si Penunggu Rumah
Oleh: Meilinda Andisa Putri


RESENSI
Judul               : Amelia
Penulis             : Tere Liye
Penerbit           : Republika
Cetakan           : I, Oktober 2013
Tebal               : vi, 392 Halaman
Ukuran            : 13 x 20,5 cm
Harga              : Rp. 60.000,-
Jenis                : buku fiksi





Amelia, si gadis bungsu yang kuat. Terlahir menjadi anak bungsu, membuatnya tak terima dengan kenyataan, selalu ingin bertukar posisi dengan kakak sulungnya, Eliana. Baginya, menjadi bungsu hanyalah “korban” perintah-perintah kakaknya, selalu disuruh-suruh dan selalu menjadi “penunggu rumah”. Amel tidak akan pernah tahu bahwa sulit sekali untuk menjadi anak sulung, bersikeras tidak ingin menjadi anak bungsu. Hingga akhirnya “keras kepala” Amel gugur bersama bukti yang ia saksikan sendiri, bahwa betapa sayangnya kakak sulungnya itu padanya.

Kalau kalian ingin tahu bagaimana anak SD bisa ikut andil dalam Pertemuan Besar bersama tetua kampung dan mengusulkan rencana besar yang harus melibatkan persetujuan seluruh penduduk kampung, kalian harus baca bagaimana kuat dan teguhnya Amelia dalam menyampaikan rencana penyemaian bibit kopi kepada seluruh isi kampung. Tidak peduli arah melintang, Amelia tetap bersikukuh untuk kehidupan kampung yang lebih makmur.

Dalam kisah Amelia ini, Tere Liye menyampaikan pesan moral tentang keharusan anak manusia merantau dan menjelajah dunia untuk menuntut ilmu, sekalipun ia anak perempuan dan bungsu. Didalam buku ini, Amelia mengajarkan bagaimana cara menjadi teman, adik, dan anak yang baik. Amelia sedikit banyak mengajarkan tentang pesan-pesan kehidupan, dan buku ini juga memiliki sampul menarik yang membuatnya semakin digemari.

Terlepas dari kelebihan tadi, buku ini juga memiliki beberapa kekurangan. Selain halamannya yang terlalu tebal. Buku ini menggunakan istilah-istilah asing yang kurang dipahami. Dan teks yang terlalu panjang juga akan membuat pembaca cepat bosan.

Kendatipun demikian buku ini layak dibaca. Buku ini memiliki kisah yang dapat dijadikan contoh, dan dapat diambil pelajaran dalam kisah perjalanan hidup Amelia. Tak hanya untuk kalangan remaja, anak-anak pun dapat mengambil contoh teladan baik dari Amelia si anak bungsu yang kuat.


Istilah asing yang terdapat pada buku ini dapat diatasi dengan diberi catatan kaki. Seandainya buku ini lebih bergambar dan berwarna, maka akan jauh lebih menarik dan akan lebih memikat para peminat buku.
Semoga Bermanfaat :D
Sumber:http://pandisa.blogspot.com

Tidak ada komentar: